Selasa, 18 November 2014

Bahaya Lembur bagi kesehatan

Bekerja merupakan rutinitas harian bagi mereka yang sudah dewasa ataupun bagi mereka yang telah memenuhi umur sebagai syarat utama di terima bekerja. Berbagai tujuan sering mengiringinya seperti supaya tidak dibilang pengangguran, menghidupi anak istri ataupun mencukupi kebutuhan untuk bertahan hidup. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas bekerja. Sehingga pada sore harinya dapat pulang kerumah dan berkumpul bersama keluarga tercinta kembali. Menambah waktu bekerja atau lembur sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan tubuh anda. Berbagai bahaya maupun gangguan kesehatan dapat muncul dengan tiba-tiba saat memutuskan bekerja lembur. Lalu, apa saja bahaya sering kerja lembur bagi kesehatan tubuh anda...???

    Sahabat, tips kesehatan. Faktanya, tubuh manusia tidak akan mampu bekerja satu hari penuh tanpa di sertai dengan istirahat yang cukup. Ini dikarenakan, tubuh bukanlah mesin dan tersusun atas organ-organ yang membutuhkan waktu jeda yang cukup pula. Bagi mereka yang memutuskan sering lembur kerja harus siap dengan berbagai konsekuensi yang harus di terima terkait dengan kesehatan tubuhnya yang terus menurun. Tips kesehatan akan mengulas berbagai bahaya sering kerja lembur bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini bahaya sering kerja lembur bagi kesehatan tubuh anda :
  1. Pemicu Munculnya Depresi Pada Diri Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLos ONE, ketika seseorang bekerja selama 11 jam atau lebih per harinya akan memiliki tingkat depresi yang cukup tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja normal (7 - 8 Jam sehari ).
  2. Mempercepat Berbagai Gangguan Kesehatan. Bagi mereka yang bekerja diperkantoran, duduk sambil bekerja sudah menjadi kesehariannya. Berbagai dampak buruk dari terlalu lama duduk dapat menimbulkan diabetes, obesitas, kanker, serangan jantung. Jadi haruskah anda menambah jam duduk dikantor dengan bekerja lembur setiap hari...???.
  3. Berdampak Buruk Pada Kualitas Tidur Anda. Jika seseorang sering bekerja lembur, maka secara otomatis jam tidur yang dimilikinya berkurang. Berbagai dampak buruk akan menimpa dari minimnya jam tidur seperti memori yang terus meuurun, meningkatnya berat badan, sering marah-marah tidak jelas, maupun kanker yang mengintai anda.
  4. Memperburuk Kesehatan Organ Jantung. Overtime atau kerja lembur berkontribusi besar terhadap berbagai gangguan kardiovaskuler seperti penyakit jantung, serangan jantung serta tekanan darah tinggi ). Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2010, seseorang yang bekerja 10 jam atau lebih per harinya beresiko terkena penyakit kardiovaskuler sebesar 60 persen.
  5. Meningkatkan Tingkat Stres Pada Diri Anda. Pekerjaan yang anda lakukan setiap hari merupakan penyumbang terbesar atas tingkat stres yang anda derita. Ini dikarenakan, berbagai beban kerja yang harus diselesaikan, tingkat kemacetan lalu lintas yang menghambat berangkat ataupun pulang kerja, teman sekerja yang tidak ramah ditambah beban pekerjaan yang terus bertambah.
  6. Berbagai Gangguan Pada Penglihatan. Pekerjaan di era digital mengharuskan seseorang menatap layar komputer ataupun laptop dalam jangka waktu yang relatif lama. Tentu hal ini akan berefek serius pada organ mata seperti ketegangan pada mata, gejala sakit kepala, mata yang kering yang disertai dengan penglihatan yang kabur atau tidak jelas.
  7. Terganggunya Fungsi Organ Otak. Kerja lembur yang dilakukan secara terus-menerus akan beresiko pada penurunan pada mental serta demensia (penurunan kemampuan intelektual ) yang anda miliki.
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar