Minggu, 28 September 2014

Macam Macam Artikel


Macam Macam Artikel

Setelah sebelumnya dijelaskan tentang bagaimana cara menulis yang baik, sekarang disini ada berbagai macam jenis artikel. Bagi siapa saja yang senang menulis terutama menulis artikel di blog disini akan dijelaskan apa saja macam-macam artikel beserta pengertian dan contohnya.

Artikel Deskripsi
Artikel deskripsi adalah karangan yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya di dalam benak.
Cara Penulisan Artikel Deskripsi
1.      Tentukan objek, baik berupa keadaan atau konsep yang mau dideskripsikan
2.      Tentukan juga tujuan penulisan.
3.      Tentukan rumusan ide pokok
4.      Kembangkan tulisan menjadi urut-urutan. Apakah berdasarkan urutan waktu: pagi-siang-sore; atau urutan jam 1, jam 2, jam 3; atau urutan tahun 2000, tahun 2003, tahun 2005; atau menggunakan urutan tempat: dari pinggir ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin memakai urutan kepentingan: dari yang paling penting, penting ke yang kurang penting.
5.      Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan obyek yang dideskripsikan.

Artikel Narasi
Artikel bentuk ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian.
Dalam artikel narasi harus ada penokohannya, seperti dalam cerita pada umumnya. Sang tokoh digambarkan sebagai sosok yang bergulat dengan konflik kehidupan. Adanya konflik inilah yang akan membuat tulisan bentuk ini menarik. Sebab bila tidak ada konflik, maka sebuah narasi akan menjadi hambar.
Cara penulisan artikel narasi
1.      Tentukan tema.
2.      Tentukan tujuan.
3.      Tentukan rumusan ide pokok.
4.      Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal – tengah – akhir. Bagian awal buatlah pembukaan yang menarik; Bagian tengah gambarkan pergulatan hidup sang tokoh sampai pada puncak konflik alias klimaks;
5.      Setelah itu, buatlah anti klimaks sebagai penutup.

Artikel Eksposisi
Ertikel bentuk ini merupakan karangan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu.
Cara Penulisan Artikel Eksposisi
1.      Tentukan tema.
2.      Tentukan tujuan.
3.      Tentukan rumusan ide pokok.
4.      Kembangkan tulisan sesuai tujuan. Bila karangan ditujukan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau proses. Bila anda ingin menjelaskan cara, buatlah tahapan-tahapan dari awal sampai akhir secara sistematis. Bila anda ingin menjelaskan kegunaan, buatlah kegunaannya satu persatu.
5.      Dan bila karangan ditujukan untuk menjelaskan proses, maka detilkan prosesnya.
6.      Berikan kesimpulan
Contoh artikel ini dapat anda temukan bertebaran di internet yang berkenaan dengan: definisi, fungsi, manfaat, peran, atau artikel yang berisi panduan melakukan sesuatu alias How To.

Artikel Argumentasi
Artikel ini berupa karangan adu argumen. Penulisannya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi kedalam tulisan, tentu dengan data atau fakta yang mendukung, sehingga pendapatnya bisa menarik dukungan dari pembaca.
Cara Penulisan Artikel Argumentasi
1.      Tentukan tema
2.      Tentukan tujuan
3.      Tentukan rumusan ide pokok
4.      Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat sendiri dan juga dapat melemahkan pendapat orang lain.
5.      Berikan kesimpulan

Artikel Persuasi
Artikel bentuk ini terkenal juga dengan arikel motivasi. Sebab penulisannya bersifat membujuk alias persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk melakukan atau mengikuti sesuatu.
Cara Penulisan Artikel Persuasi
1.      Tentukan tema
2.      Tentukan tujuan
3.      Tentukan rumusan ide pokok
4.      Kembangkan karangan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan orang lain sehingga dapat menggerakkan pembaca untuk mengerjakan kebaikan dan menjauhi keburukan.
5.      Berikan kesimpulan
Contoh artikel persuasi dapat anda lihat bertebaran di blog ini. Hampir semua artikelnya bersifat bujukan alias persuasif.

Artikel SEO
Artikel SEO adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine seperti gooogle. Cara penulisannya sama dengan penulisan artikel biasa. Anda boleh menggunakan bentuk artikel di atas untuk menulisnya.
Hanya saja artikel bentuk ini khusus untuk penulisan artikel di blog atau situs yang menggunakan teknik tertentu. Tujuannya agar tulisan kita dicintai (mudah dilacak) situs search engine.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar