Minggu, 28 September 2014

Tips menulis Artikel



Menulis mungkin sudah menjadi hobi dan kegemaran bagi sebagian orang. Menulis merupakan aktivitas yang menghasilkansebuah karya tulisan yang dapat dibaca oleh siapa saja . Jenis tulisan itu bermacam-macam mulai dari karya tulisan fiksi dan non fiksi.
Orang yang gemar menulis biasanya semua jenis tulisan dicoba seperti membuat artikel resmi tentang berita, kesehatan, dan artikel yang hanya bersifat hiburan seperti cerpen ,puisi dan lain lain.
Namun , ada orang yang hanya senang menulis dengan ala kadar kemampuan yang dimilikinya tanpa mempunyai keinginan untuk menjadi penulis handal dan mengetahui seluk beluk tata cara menulis yang benar. Dan ada pula yang asalnya tidak punya bakat menulis tapi mulai tertarik dan ingin mengembangkan potensi menulisnya itu.
Disini, tidak akan dibahas tentang siapa yang menulis tapi disini akan dibahas sedikit tips untuk menulis dengan baik, dan ini tidak hanya untuk yang senang menulis saja. Siapapun dapat mencoba tips ini atau bahkan mungkin dengan membaca tips ini dapat membuat seseorang yang asalnya tidak suka sama sekali dengan kegiatan menulis menjadi penasaran dan tertarik untuk mencoba.
Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum
Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat kita bagi menjadi 5 poin penting berikut ini:
  1. Tentukan Tema. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik minat baca.
  2. Tetapkan Tujuan penulisan. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel bentuk deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat.
  3. Rumuskan ide pokok atau masalah. Biasanya perumusan masalah dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan (Nanti saya jelaskan dengan contoh di bawah).
  4. Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan bentuk artikel (Penjabaran lebih lanjut saya uraikan dibawah)
  5. Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bikinnya mudah. Anda bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikel anda benar.
Demikian langkah-langkah penulisan artikel secara umum. Sedangkan langkah-langkah rincinya harus anda sesuaikan dengan bentuk artikel yang ingin anda tulis. Sebab tiap bentuk artikel memiliki cara penulisan berbeda.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar